Hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas X Di MAN 2 Yogyakarta

Penulis

  • Lita Nirmala Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Suryani Suryani Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Yuli Isnaeni Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

dukungan sosial orang tua, motivasi belajar

Abstrak

Kurangnya motivasi siswa dalam belajar merupakan salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan yang masih sering terjadi. Dukungan sosial memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas X di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dengan analisis korelasi Kendall Tau. Hasil penelitian menunjukkan dukungan sosial orang tua berada pada kategori sedang 48 (66,7%) siswa; motivasi belajar berada pada kategori sedang 50 (69,4%) siswa.  Uji korelasi Kendall Tau menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas X di MAN 2 Yogyakarta dengan nilai p=0,000<0,05, dan nilai koefisien korelasi 0,411 yang menunjukkan arah hubungan positif, artinya semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Disimpulkan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas X di MAN 2 Yogyakarta. Diharapkan bagi orang tua untuk terus memberikan dukungan kepada siswa, terutama dukungan penghargaan guna meningkatkan motivasi belajar.

Referensi

Agustina dan Wisnumurti. 2019. “Dukungan Sosial Dan Motivasi Belajar Siswa Masehi 2 PSAK Semarang.” Personifikasi Vol.10 (No.1).

Djarwo, Catur Fathonah. 2020. “Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar.” Jurnal Ilmiah IKIP Mataram 7 (1): 2355–6358.

Dwiyanti, Nova, and Annastasia Ediati. 2020. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Sma N 1 Batangan Kabupaten Pati.” Jurnal Empati 7 (Nomor 2): 259–65.

Hendrizal. 2020. “Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter 2 (1): 44–53.

Indah, Ardhike. 2021. “Survei Disdikpora Kota Yogyakarta, 67 Persen Siswa Mengalami Penurunan Semangat Belajar Selama PJJ.” TribunJogja.Com. 2021. https://jogja.tribunnews.com/2021/11/02/survei-disdikpora-kota-yogyakarta-67 persen-siswa-mengalami-penurunan-semangat-belajar-selama-pjj?page=all.

Malini, Gusti Ayu Nyoman Dyah, and I Gusti Ayu Diah Fridari. 2019. “Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Urutan Kelahiran Di SMAN 1 Tabanan Dengan Sistem Full Day School.” Jurnal Psikologi Udayana, 145–55.

Mareta, Aufa Melia. 2020. “Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Selama ‘Stay At Home.’” Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan 4 (1): 56. https://doi.org/10.31958/jsk.v4i1.2159.

Melati, Citra Sukma, and Ratnawati Susanto. 2023. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Kelas Rendah.” JPGI : Jurnal Penelitian Guru Indonesia 8 (1): 144–50.

Oktavia, Kintan Cahya, and Damajanti Kusuma Dewi. 2021. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA X Selama Pembelajaran Daring.” Character: Jurnal Penelitian Psikologi 8 (7): 70–80. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41811.

Pranjani, Mohamad Hendri, Asep Samsudin, and Muhamad Rezza Septian. 2022. “Gambaran Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 5 (1): 33. https://doi.org/10.22460/fokus.v5i1.8384.

Ramadandi, Muh Ikbal. 2024. “Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan Vol. 1 Issue 3 (2024) Https://Abadiinstitute.Org/Index.Php/JUMAWA” 1 (3): 91–100.

Sani, Dhien Novita, Muhammad Fandizal, and Yuli Astuti. 2020. “Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Meningkat Dengan Dukungan Sosial Orang Tua.” Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia 4 (2): 110. https://doi.org/10.52020/jkwgi.v4i2.1903.

Sundari, Uci, Cucuk Kunang S, Rina Puspita Sari, and Stikes Yatsi Tangerang. 2022. “The Relationship Of Social Support With Students’ Learning Motivation In Following Online Learning During The Covid-19 Pandemic At Yarsi Medika Vocational School In 2021.” Nusantara Hasana Journal 1 (8): Page.

Vania Rossa. 2020. “Akibat Pandemi, 40 Persen Pelajar Indonesia Kehilangan Motivasi Belajar.” Suara.Com. 2020. https://www.suara.com/health/2020/12/16/141248/akibat-pandemi-40-persen-pelajar-indonesia-kehilangan-motivasi-belajar.

Yuliya. 2019. “Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja” 7 (2): 250–56.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Nirmala, L., Suryani, S., & Isnaeni, Y. (2024). Hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas X Di MAN 2 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 936–941. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/588

Terbitan

Bagian

Penelitian