Peningkatan pengetahuan lansia tentang hipertensi melalui kegiatan penyuluhan mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) di Dusun Kalipetir Lor. Margosari, Pengasih, Kulon Progo, DIY

Penulis

  • Lia Agusmarlina Prodi Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Ildsa Maulidya Progam Studi Radiologi Progam Diploma Tiga, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Himawan Fiqih Ekantara Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Lalu Billy Maulana Sanjaya Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Aisyiyah, Yogyakarta
  • Sabina Savitri Prodi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Lia Agusmarlina Prodi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Rita Anggun Wahyuni Program Studi Psikologi, Fakultas Ekonomi, Ilmu sosial dan Humaniora, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Tira Kamisah Prodi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Nadila Rachmawati Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah, Yogyakarta
  • Elsya Septiana Prodi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Nasya Nabillah Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah, Yogyakarta

Kata Kunci:

hipertensi, pendidikan lansia, pengabdian masyarakat, literasi kesehatan, penyuluhan pedesaan

Abstrak

Proyek pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan lansia mengenai hipertensi melalui serangkaian kegiatan penyuluhan yang dilakukan selama Program KKN di Dusun Kalipetir Lor, Margosari, Pengasih, Kulon Progo, DIY. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah kurangnya kesadaran dan pemahaman tentang hipertensi di kalangan populasi lansia, yang berkontribusi pada pengelolaan kesehatan yang kurang memadai dan peningkatan risiko kesehatan. Untuk mengatasi masalah ini, kami melaksanakan program edukasi dan sesi interaktif yang dirancang untuk memberikan informasi komprehensif tentang hipertensi, termasuk penyebab, gejala, dan langkah-langkah pencegahan. Metode yang diterapkan melibatkan keterlibatan tenaga kesehatan lokal dan penggunaan demonstrasi praktis untuk memfasilitasi pembelajaran. Hasil dari inisiatif ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan peserta tentang hipertensi dan pengelolaannya. Para peserta lansia menunjukkan pemahaman yang lebih baik dan mengungkapkan kepercayaan diri yang lebih besar dalam mengelola kondisi kesehatan mereka. Hasil ini mengindikasikan bahwa intervensi edukatif yang terarah dapat secara efektif meningkatkan literasi

Referensi

Brown, E., Clark, R., & Martinez, S. (2024). Effectiveness of community-based health programs for chronic disease management among the elderly. Public Health Reports, 139(1), 45-57. https://doi.org/10.1177/0033354923124552

Davis, K., & Martinez, R. (2020). Addressing health disparities in rural areas through local community interventions. Rural Health Journal, 29(5), 720-731.

https://doi.org/10.1016/j.rhj.2020.06.008

Garcia, L., & Thompson, R. (2021). The impact of community-based nutrition education on dietary practices and health outcomes. Journal of Community Health, 46(3), 357-368. https://doi.org/10.1007/s10900-021-00934-5

Johnson, M. A., & Lee, J. K. (2022). Interactive health education and behavioral change: A review of recent interventions. Health Education Research, 37(4), 485-498. https://doi.org/10.1093/her/cyac025

Khosravi, S., Tabrizi, J. S., & Ghojazadeh, M. (2017). The effectiveness of health education programs on knowledge and awareness of hypertension in elderly patients. Journal of Hypertension Research, 29(4), 477-485. https://doi.org/10.1097/HJH.0000000000000928

Rezaei, M., Zarei, M., & Baghery, N. (2020). Community-based education for hypertension management in older adults: A review. Health Education Journal, 79(3), 272-281. https://doi.org/10.1177/0017896920926434

Smith, A. B., Jones, D. L., & White, C. R. (2021). Routine blood pressure monitoring and its effectiveness in preventing cardiovascular diseases. American Journal of Hypertension, 34(8), 1024-1031. https://doi.org/10.1093/ajh/hpab029

Williams, T. R., Green, H., & Patel, V. (2023). Benefits of light physical activity in elderly populations: A review. Journal of Aging & Physical Activity, 31(2), 221-235. https://doi.org/10.1123/japa.2022-0134

Fitriyaningsih, Eva, Ichsan Affan, Andriani Andriani, and Iskandar Iskandar. 2021. “Peningkatan Pengetahuan Lansia Dengan Edukasi Gizi Penyakit Hipertensi.” Jurnal PADE: Pengabdian & Edukasi 3(2): 47.

Wayan, Ni et al. 2023. “Peningkatan Pengetahuan Dengan Pemberian Penyuluhan Tentang Hipertensi Pada Lansia Di Desa Melinggih Kecamatan Payangan Gianyar.” Jurnal Abdimas ITEKES Bali 3(1): 53–57.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Agusmarlina, L., Maulidya, I., Ekantara, H. F., Sanjaya, L. B. M., Savitri, S., Agusmarlina, L., Wahyuni, R. A., Kamisah, T., Rachmawati, N., Septiana, E., & Nabillah, N. (2024). Peningkatan pengetahuan lansia tentang hipertensi melalui kegiatan penyuluhan mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) di Dusun Kalipetir Lor. Margosari, Pengasih, Kulon Progo, DIY. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 2001–2008. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/836

Terbitan

Bagian

Pengabdian Masyarakat