Pengaruh pemberian brain gym dan play therapy terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas V SD di SD Negeri Tinom
Kata Kunci:
army alpha test, brain gym, konsentrasi belajar, play therapyAbstrak
Latar belakang : Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh kemampuan memusatkan perhatian pada objek yang dipelajari. Konsentrasi adalah aspek penting untuk mencapai keberhasilan belajar. Pemberian latihan brain gym dan play therapy dapat meningkatkan konsentrasi belajar karena otak terstimulus melalui gerakan-gerakan sehingga tingkat pemusatan perhatian dan konsentrasi belajar meningkat. Tujuan : untuk mengetahui pengaruh brain gym dan play therapy terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas V SD. Metode : penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan pre-test and post-test two group design, Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel penelitian siswa kelas V SD dengan jumlah sampel 30 siswa yang terdiri dari 15 orang kelompok I dan 15 orang kelompok II, dilakukan 3 kali seminggu selama 4 minggu. Army alpha test digunakan sebagai alat ukur untuk mengukur konsentrasi. Hasil : hasil uji paired sampel t-test kelompok I p=0,000 (p<0,05) dan kelompok II p=0,000 (p<0.05) menunjukkan kedua latihan berpengaruh terhadap peningkatakan konsentrasi belajar dan hasil uji independent sample t-test menunjukkan p= 0,98 (p>0,05), artinya tidak ada perbedaan pengaruh brain gym dan play therapy terhadap peningkatan konsentrasi belajar. Kesimpulan : terdapat peningkatan konsentrasi belajar setelah pemberian latihan brain gym dan play therapy, tetapi tidak ada perbedaan signifikan antara brain gym dan play therapy terhadap peningkatan konsentrasi belajar. Saran : peneliti selanjutnya, memberikan latihan brain gym dan play therapy dengan dikombinasikan dengan intervensi atau variable lainnya.
Kata Kunci: Konsentrasi belajar, brain gym, play therapy, army alpha test
Abstract
Background: Learning success is influenced by the ability to focus attention on the object being studied. Concentration is an important aspect to achieve learning success. Providing brain gym exercises and play therapy can increase learning concentration because the brain is stimulated through movements so that the level of attention and concentration in learning increases. Objective: The study aims to determine the effect of brain gym and play therapy on increasing the learning concentration of fifth grade elementary school students. Method: This research was a quasi-experimental research with pre-test and post-test two group design. The sampling technique used random sampling. The research sample of fifth grade elementary school students with a sample size of 30 students consisting of 15 people in group I and 15 people in group II, was carried out 3 times a week for 4 weeks. The Army alpha test was used as a measuring tool to measure concentration. Result: the results of the paired sample t-test for group I p=0.000 (p<0.05) and group II p=0.000 (p<0.05) showed that both exercises had an effect on increasing learning concentration and the results of the independent sample t-test showed p = 0.98 (p>0.05), meaning that there is no difference in the influence of brain gym and play therapy on increasing learning concentration. Conclusion: there was an increase in learning concentration after giving brain gym and play therapy exercises, but there was no significant difference between brain gym and play therapy in increasing learning concentration. Suggestion: future researchers should provide brain gym exercises and play therapy combined with other interventions or variables.
Referensi
Alhadi, S. (2016). Play Therapy: Sebuah Inovasi Layanan Konseling Bagi Anak Usia Dini. Jurnal CARE Edisi Khusus Temu Ilmiah, 3(3), 52–57.
Ambardini, R. L. (2019). Pendidikan Jasmani Dan Prestasi Akademik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(April), 46–52.
Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13973
Beatty, A., Berkhout, E., Bima, L., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2021). Schooling progress, learning reversal: Indonesia’s learning profiles between 2000 and 2014. International Journal of Educational Development, 85(September 2020), 102436. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102436
Dairo, L., & Dewi, M. (2019). Efektivitas Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. 2(2), 68–78.
Erna, N., Utami, S., Yonanda, D. A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Majalengka, P. U., Belajar, P., & Tematik, P. (2020). Hubungan gender terhadap prestasi belajar siswa. Smyth 2015, 144–149.
Hayati, N., & Fithriani. (2021). Efektivitas Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas V di Yayasan Pendidikan Istiqomah Medan. Jurnal Sehat Mandiri, 16.
Hutagaol, N. R., Kep, S., Kep, M., Sukarna, N. R. A., Sp, M. K., Mb, K., Susanti, N., Kep, S., Kep, N. M. T., Aini, S. N., Kep, S., Kep, M., Skm, M., & Bmd, M. (2022). Buku Ajar Anatomi Fisiologi.
Ilahi, A., Maraguna, T., Nurbaiti, & Theresia, M. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Example Nonexample Kelas V Sd Negeri 200302 Padangsidimpuan. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 2(3), 7–16.
Kholisah, K. D., Sutijono, S., & Farid, D. A. M. (2021). Pengaruh Play Therapy Dengan Media Boneka Tangan Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Sosio Emosional Siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya Di Masa Pandemi Covid-19. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(2), 139–146. https://doi.org/10.29407/nor.v8i2.15725
Mandiri, J. S., & Hayati, N. (2021). Kelas V Di Yayasanpendidikan Islam Istiqomah Medan Tahun 2020. 16(1), 36–43.
Meutia, S., Utami, N., Rahmawati, S., Himayani, R., Mata, B. I., Kedokteran, F., & Lampung, U. (2021). Sistem Saraf Pusat dan Perifer. 11, 306–311.
Naufal, A. (2017). Pengaruh Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas V SD Di SDN 2 Sempursari Jember. Jurnal Keperawatan Muhamadiyah Jember, 1, 2–10.
Nurmalasari, N., & Susilowati, T. (2022). Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Konsentrasi pada Anak di SD Negeri Kerten II Surakarta. SEHATRAKYAT (Jurnal Kesehatan Masyarakat) , 1(4), 341–347. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v1i4.1127
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pramita, Indah; Diaris, N. M. (2020). Stimulasi Brain Gym Kepada Siswa Paud Di Sang. Jurnal Widya Laksana, 9(1), 39–44.
Simbolon, P., & Simbolon, N. (2022). Learning Environment with the Learning Concentration on Students. 109–115.
Suratun, S., & Tirtayanti, S. (2020). Pengaruh Brain Gym terhadap Konsentrasi Belajar. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 101–105. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.3625
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
Yanti, N., & Bahri, S. (2018). Penggunaan Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa SD Negeri Ateuk Aceh Besar. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 28–34.
Yulia, N. (2020). Anatomi Dan Fisiologi Sistem Nervosa. 0–19.