Hubungan konsep diri dengan kepercayaan diri mahasiswa keperawatan dalam aktivitas belajar di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Kata Kunci:
mahasiswa, keperawatan, konsep diri, kepercayaan diriAbstrak
Kepercayaan diri merupakan keyakinan dalam diri sendiri yang harus dimiliki mahasiswa dalam mewujudkan harapan dan capaian dalam pembelajaran. Mahasiswa keperawatan perlu adanya kepercayaan diri yang positif agar nantinya saat bekerja dapat memberikan pelayanan yang optimal. Mahasiswa keperawatan belum menunjukkan sikap dan ciri kepercayaan diri dalam aktivitas pembelajaran sehingga terjadi gangguan saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan kepercayaan diri mahasiswa yang keperawatan dalam aktivitas belajar di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi analitik, Pendekatan pada penelitian ini dengan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 444 dengan sampel 224 yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuesioner yang terdiri dari kuesioner konsep diri 45 butir pertanyaan dan kuesioner kepercayaan diri 58 butir pertanyaan. Analisis data yang digunakan adalah uji Kendall's Tau. Penelitian diperoleh bahwa ada hubungan konsep diri dengan kepercayaan diri mahasiswa keperawatan dalam aktvitas belajar di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta dengan hasil sig (2tailed) 0,000 (p value <0,05). Terdapat hubungan kosep diri dengan kepercayaan diri mahasiswa keperawatan dalam aktivitas belajar di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan motivasi dan edukasi guna meningkatkan kepercayaan diri dalam aktivitas belajar dengan menciptakan konsep diri yang positif.
Referensi
Ahyar, H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April).
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. 03(02).
Andiwijaya, D., & Liauw, F. (2020). Pusat Pengembangan Kepercayaan Diri. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2), 1695. https://doi.org/10.24912/stupa.v1i2.4487
Asri, D. N., & Sunarto. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun) . Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1), 5–10.
Azzahra, K. A. (2023). Urgensi Kekuatan Harapan terhadap Self Concept. Gunung Djati Conference Series, 19, 46–53.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V (V).
Desje, L. (2018). Jurnal Bimbingan dan Konseling. Bentuk Kecemasan Dan Resiliensi Mahasiswa Pascasarjana Aceh-Yogyakarta Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19, 6(1), 61–67.
Dianningrum, S. W., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan Antara Citra Tubuh dan Kepercayaan Diri pada Remaja Perempuan. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 194–203.
Fakhiroh, A., & Hidayatullah, S. (2018). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Ketrampilan Berbicara.
Fani Juliyanto Perdana. (2019). Pentingnya Kepercayaan Diri dan Motivasi Sosial dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar. The Journal of Social and Economics Education, VIII(2), 70–87.
Farah, M., Suharsono, Y., Prasetyaningrum, S., Psikologi, F., & Malang, U. M. (2019). Konsep Diri dengan Regulasi Diri Dalam Belajar. 07(02), 171–183.
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.
Hartanti, J. (2018). Konsep Diri Karakteristik berbagai usia. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Hasanah, N., & Saugi, W. (2021). Fenomena Ketidakpercayaan Diri Mahasiswa IAIN Samarinda Ketika Berbicara di Depan umum. Borneo Journal of Islamic Education, I(1), 1–12.
Hermayanti, T. (2015). Peningkatan kepercayaan diri melalui kegiatan menari kreatif. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia DiniJurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 389–400.
Kumala, S. (2018). Hubungan Antara Konsep Diri dan Kepercayaan Diri pada sales Promotion. PT.Nutrifood Indonesia.537.
M. Nur Ghufron & Rini Risnawita. (2012). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningratri (ed.); 3rd ed.). Ar-Ruzz Media.
Marheni, K. I. (2022). Kepercayaan Diri Mahasiswa/i Angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma. Solution : Jurnal of Counseling and Personal Development, 4(1), 58–66.
Musriani, V. (2023). Penyebab Perilaku Kurang Percaya Diri Saat Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 4 Tanggul. Self-Esteem and Foreign Language Learning, January 2007, 2–12.
Nurhuda, W. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Psikologi yang Menyelesaikan Skripsi di Universitas Medan Area.
Pertiwi, A. Y., & Ansyah, E. H. (2022). The Relationship Between Body Image and Confidence In Vocational High School Teenage Girls. Academia Open, 6, 1–10. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2625
Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2021). Pengujian Validasi Isi (Content Validity) Angket Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Matakuliah Matematika Komputasi. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 77–90. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3254
Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/viewFile/184/210
Riset, J., Indonesia, T., & Artikel, I. (2018). ISSN : 2502-079X ( Print ) ISSN : 2503-1619 ( Electronic ) Dipublikasikan oleh : Indonesian Institute for Counseling , Education and Therapy ( IICET ) Akses Online : Akses Online : http://jurnal.iicet.org. 2, 2–6.
Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Potret Sikap Mahasiswa dalam Penggunaan Literasi Digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.667
Sari, D. U. (2021). Mahasiswa Jurusan X yang sedang Menyelesaikan Skripsi,Riza Noviana Khoirunnisa Abstrak. Jurnal Penelitian Psikologi, Volume 08.
Sari, E. P., & Purwaningsih, S. M. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Program Ipa Di Sma Negeri 1 Cerme Gresik. Avatara, 6(3), 79–87.
Setiawati, W., & Septiawantari, R. (2023). Akademik pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun 2023.
Siallagan, A. (2021). Konsep Diri Mahasiswa Program Profesi ners di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2021. JINTAN: Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(2), 119–126. https://doi.org/10.51771/jintan.v1i2.51
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). ALVABETA,CV.
Syafrullah, H. (2017). The Relationship Between Self-Confidence And Anxiety Level On The Student Of Last Grade Bachelor Programe In Nursing Whe Were In The Transferred-Class At Dharma Husada Bandung Institude of Healt Science. 5(5), 72–76.
Tolinggi, A. K., & Hestiningrum, A. (2023). Journal of Educational Technology , Curriculum , Learning , and Communication Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Online di MTsN. 3, 94–101.
Utin Siti Candra Sari & Abrori. (2020). Body Image. PT. Sahabat Alter Indonesia.
Wahyuningtyas, R. T., & Hazim, H. (2023). Body Image with Student Confidence of Muhammadiyah University of Sidoarjo. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 5, 1–7. https://doi.org/10.21070/jims.v5i0.1574
Widyana, A. I., & Sarwono, R. B. (2023). Peran Konsep Diri Dalam Membentuk Kepercayaan Diri Mahasiswa. 5, 26–32.
Winahyu, K. M., & Damayanti, W. (2018). Jurnal JKFT : Universitas Muhamadiyah Tangerang Hubungan antara Konsep Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Tingkat I & II di Universitas Muhammadiyah Tangerang Oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tangerang Kamila Jurnal JKFT . 2, 1–6.
Wulandari, G. (2018). Hubungan Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Di MTS Al-Ihsaniyah. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Skirpsi, 2013–2015.
Yang, F., Konsep, M., Mahasiswa, D., Affecting, F., Of, T. H. E. S., & Level, F. (2022). Jurnal Ilmiah Permas : Jurnal Ilmiah STIKES Kendal. 12, 615