Pemenuhan aktivitas belajar pada siswi sekolah yang mengalami gejala premenstruasi syndrome
Abstrak
Pemenuhan akivitas belajar merupakan kegiatan yang dilakukan siswa untuk membangun pengetahuan dan keterampilan berupa kegiatan fisik dan mental yang dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor eksternal dan internal salah satu faktor internal yang dapat memengaruhi aktivitas belajar berupa gangguan gejala gejala fisik dan psikis dari PMS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Tingkat gejala PMS dengan Pemenuhan Aktivitas Belajar Siswi MAN 4 Sleman. Metode penelitian ini menggunakan Desain penelitian korelasi analitik, dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 201 dengan sampel 135 siswi diambil dengan teknik purposive sampling dengan kuesioner pemenuhan aktivitas belajar dan Premenstrual Symptom Screening Tool Adolescent (PSST-A) Hasil menunjukan Tingkat gejala PMS ringan sebanyak 104 responden 77,0% siswi. Pemenuhan aktivitas belajar cukup memenuhi sebanyak 55 responden 52,9% siswi. Hasil uji korelasi nilai signifikansi p value 0,036 (p<0,05) menunjukan terdapat hubungan tingkat gejala Premenstruasi syndrome dengan pemenuhan aktivitas belajar dengan korelasi -0,181 dengan hubungan keeratan lemah dan arah yang negatif. Kesimpulan yang diperoleh mayoritas pemenuhan aktivitas belajar cukup terpenuhi dengan tingkat gejala PMS ringan dan Terdapat hubungan tingkat gejala premenstruasi syndrome dengan pemenuhan aktivitas belajar siswi MAN 4 Sleman.
Referensi
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Andini, R. F., Agustin, D., Prastiwi, I., Seli, Z., & Iseli, N. (2021). Penyuluhan Online Mengenai
Bintoro, F.A. and Wijiastuti, A. (2016) ‘Prevalensi Anak Kesulitan Berhitung Di Sd : Asesmen Matematika Berbasis Kurikulum’, pp. 1–10.
Dwi, A., Pratiwi, S., Yunariyah, B., & Jannah, R. (2023). Premenstrual Syndrome pada Remaja Putri di SMAN 4 Tuban. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 20464–20471.
Hikmah, Qodir, A. and Wahdah, N. (2022) ‘Aktivitas Belajar dan Motivasi Belajar : Apakah Efektif dalam Mengembangkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2). Available at: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10555.
Ilmi, A. F., & Utari, D. M. (2018). Faktor Dominan Premenstrual Syndrome Pada Mahasiswi (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Dan Departemen Arsitektur Fakultas Teknik, Universitas Indonesia). Media Gizi Mikro Indonesia, 10(1), 39–50. https://doi.org/10.22435/mgmi.v10i1.1062
Itriyeva, K. (2022). Premenstrual syndrome and premenstrual dysphoric disorder in adolescents. Current Problems in Pediatric and Adolescent Health Care, 52(5),
Lumingkewas, C., Suparman, E., & Mongan, S. P. (2021). Gambaran Premenstrual Syndrome pada Remaja Periode Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. E-CliniC, 9(1), 45–50. https://doi.org/10.35790/ecl.v9i1.31855
Masitoh, D. (2019). Model Pembelajaran PAILKEM Sebagai Upaya Mengembangkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 92–97. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.646
Maulani, R. G., Ester, D., & Siagan, L. (2021). Pendidikan Kesehatan Tentang Premenstrual Syndrome ( Pms ) Pada Remaja Putri Di Wilayah Kerja Bidan Veronica Premenstrual syndrome is a condition that describes a number of symptoms that occur regularly and are related to the menstrual cycle . Usually , t. 7–10.
Noor, A. N., & Munandar, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe TAI Dan TPS) Dan Aktivitas Belajarterhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Pada Kelas X SMK Kosgoro Karawang). Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 65–75.
Pratiwi Bayuningrum, Safira Welay, Syahruni Syahruni, & Nirwana Nirwana. (2023). Pengenalan Dan Pencegahan Pre Menstrual Syndrome Pada Remaja Putri Di Man Malakaji Kabupaten Gowa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 142–148. https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.2761
Purbayanti, R. L., Suherdiyanto, & Veriansyah, I. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 03 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 22–29.
Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2021). Pengujian Validasi Isi (Content Validity) Angket Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Matakuliah Matematika Komputasi. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 77–90. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3254
Steiner, M., Macdougall, M., & Brown, E. (2003). The premenstrual symptoms screening tool (PSST) for clinicians. Archives of women's mental health, 6(3), 203–209. https://doi.org/10.1007/s00737-003-0018-4
Teja, N. M. A. Y. R., Diyu, I. A. N. P., Dewi, N. W. E. P., Nurtini, N. M., Dewi, K. A. P., & Indriana, N. P. R. K. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Premenstrual Syndrom pada Siswi Sekolah Menengah Atas. Bali Medika Jurnal, 10(1), 86–95. https://doi.org/10.36376/bmj.v10i1.327
The American College of Obstetricians and Gynecologists, “Premenstrual Syndrome (PMS) - ACOG,” Premenstrual Syndr., pp. 1–3, 2015, [Online]. Available