Hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien di Instalasi Hemodialisa RSUD Panembahan Senopati Bantul
Kata Kunci:
Komunikasi Terapeutik, Kepuasan PasienAbstrak
Komunikasi tidak hanya sekedar alat untuk berbicara dengan klien, namun komunikasi antar perawat dan klien memiliki hubungan terapeutik yang bertujuan untuk menumbuhkan motivasi dalam proses penyembuhan klien. Kepuasan pasien merupakan perasaan klien yang timbul setelah memperoleh apa yang diharapkannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah komunikasi terapeutik. Apabila tidak diterapkan akan mengganggu hubungan terapeutik yang berdampak pada ketidakpuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien di Instalasi Hemodialisa RSUD Panembahan Senopati Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan waktu cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel pada penelitian ini sebanyak 86 responden di Instalasi Hemodialisa RSUD Panembahan Senopati Bantul. Teknik analisa data menggunakan uji Kendall Tau. Hasil penelitian ini menyatakan terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di Instalasi Hemodialisa RSUD Panembahan Senopati Bantul (p=0,000 r=0,578). Hasil p-value sebesar 0,000 (<0.05) dengan tingkat signifikan 0,578 menunjukkan korelasi positif dengan kekuatan korelasi yang sedang. Ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di Instalasi Hemodialisa RSUD Panembahan Senopati Bantul. Oleh sebab itu perawat perlu mempertahankan dan komunikasi terapeutik selalu diterapkan kepada pasien, guna meningkatkan kepuasan pasien.
Referensi
Departemen Kesehatan RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.
Djala, F. L. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruangan Interna Rumah Sakit Umum Daerah Poso. Journal of Islamic Medicine, 5(1), 41–47. https://doi.org/10.18860/jim.v5i1.11818
Fandizal, M., Tobing, D. L., & Novianti, E. (2020). Kepuasan Klien Dengan Komunikasi Terapeutik Perawat Rumah Sakit Kepolisian Pusat Raden Said Soekanto. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 262–267. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM
Fitriani, L., & Santosa, B. (2022). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Terapeutik dengan Metode Role Playing pada Siswa Asisten Keperawatan SMK Muhammadiyah Lumajang. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 100–107. https://doi.org/10.31604/ptk.v5i1.100-107
Hidayatullah, M. S., Khotimah, H., & Nugroho, S. A. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP), 8(1).
Lestari, W., Rizany, I., & Setiawan, H. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit. BIMIKI (Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), 9(1), 46–53. https://doi.org/10.53345/bimiki.v9i1.174
Lidia, E., Lamri, & Setiani, D. (2023). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Daisy RSD dr. H. Soemarno Sostroatmodjo. SAINTEKES: Jurnal Sains, Teknologi Dan Kesehatan, 2(2), 195–203.
Mongi, T. O. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Jalan Rumah Sakit GMIM Kalooran Amurang. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(3), 263–269.
Ningsih, P. S. (2015). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta.
Nurwahyuni, F. S., Sutresna, I., & Dolifah, D. (2024). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Kesehatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 7(1), 223–228. https://doi.org/10.52774/jkfn.v7i1.176
Pannyiwi, R., Nurhaedah, Hariati, A., & Rahmat, R. A. (2021). Persepsi Klien Tentang Komunikasi Terapeutik Perawat Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan Perawat. Jurnal Keperawatan Profesional, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.36590/kepo.v2i1.146
Pebrianti, F., Rubianti, R., & Obar. (2023). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan Pernus, 1(1), 24–31. http://jurnal-pernus.id/index.php/JIKP/index
Ramadia, A., Rahmaniza, & Maulidi, A. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ), 10(2), 393–402.
Ra’uf, M. (2021). Komunikasi Terapeutik Perawat Pada Tingkat Kepuasan Pasien: Studi Kasus di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 37–46.
Rusnoto, Purnomo, M., & Utomo, Tr. P. (2019). Hubungan Komunikasi dan Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(2), 343–349.
Sari, M. R., Ardiwirastuti, I., & Harviandani, B. S. (2020). Hubungan Kepuasan Pasien dengan Loyalitas Pasien di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri. Jurnal Wiyata, 7(1), 56–61.
Sembiring, I., & Munthe, N. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (JKF), 1(2), 54–61. https://doi.org/10.35451/jkf.v1i2.170
Suriyani. (2022). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Hemodialisa RSUD Merauke. Jurnal Ilmiah Obsgin: Ilmu Kebidanan Dan Kandungan, 14(2), 255–261.
Venakontesa, T., Rasmun, & Kadir, A. (2023). Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSD dr. H. Soemarno Sostroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. SAINTEKES: Jurnal Sains, Teknologi Dan Kesehatan, 2(1), 135–144.
Wijayanti, A. P., Febiana, C., & Fitri, K. N. (2024). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Teras Kesehatan, 7(1), 6–10. https://doi.org/10.38215/jtkes.v7i1.124